Manfaat Sambiloto

Sambiloto (andrographis paniculata) adalah sejenis tanaman herba  dari familiki acanthaceae yang berasal dari India dan Sri Lanka. Sambiloto juga dapat dijumapi di daerah lainnya, seperti Indonesia, Malaisya, Thaliand, serta beberapa tempat di benua Amerika. Genus andrographis memiliki 28  spesies herba namun hanya sedikit yang berkhasiat medis, salah satunya adalah sambiloto. Daun sambiloto banyak mengandung senyawa amdrographilode, yang merupakan senyawa lakton diterpenoid bisiklik. Senyawa kimia yang rasanya pahit ini pertama kali diisolasi oleh Gorter pada tahun 1911. Andrograpgilode memiliki sifat melindungi hati dan terbukti mampu melindungi  hati dari efek negative galaktosamin dan parasetamol. Manfaat sambiloto ini berkaitan erat dengan aktifitas enzim-enzim metabolic tertentu. Hepatitis, infeksi saluran empedu.

Sambiloto dikenal sejak lama di bumi nusantara ini sebagai obat, Disentri basiler, tifoid, diare, juga manfaat sambiloto yang ampuh untuk mengatasi influenza, radang amandel (tonsillitis),abses paru, radang paru (pneumonia), radang saluran napas (bronkitis), radang ginjal akut (pielonefritis akut), radang telinga tengah (OMA), radang usus buntu, sakit gigi.

Selain itu manfaat sambiloto juga dipakai untuk pengobatan demam, malaria, kencing nanah (gonore). Kencing manis (DM), TB paru, skrofulodroma, batuk rejan (pertusis), sesak napas (asma), darah tinggi (hipertensi), kusta (morbus Hansen = lepra) bahkan seperti daun sirsak, sambiloto juga bisa untuk pengobatan kanker: penyakit trofoblas seperti kehamilan anggur (molahidatidosa) dan penyakit trofoblas ganas (tumor trofoblas), serta tumor paru. Sabiloto memang tlah lama dikenal memiliki khasiat medis. Aryuveda adalah salah satu system pengobatan India kuno yang mencantumkan sambiloto sebagai herba medis, dimana sambiloto disebut dengan nama Kalmegh pada Aryuveda.

sambiloto

Selain berkhasiat melindungi hati, sambiloto juga dapat menekan pertumbuhan sel kanker. Hal ini disebabkan karena senyawa aktifnya, yakni andrographolide,menurunkan ekspresi enzim CDK4 (cyclin dependet kinase 4). Andrographolide juga memiliki khasiat meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan pembelahan limfosit dan produksi interleukin-2. Khasiat sitotoksik limfosit ditingkatkan oleh Andro grapholide, yang membuatnya memiliki khasiat tidak langsung terhadap penghambatan sel kanker.

Dari penjelasan diatasdapat disimpulkan bahwa di dalam daun sambiloto terdapat senyawa kimia Andrographolide yang mampu melindungi hati, melawan kanker, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Nampaknya Andrographolide ini berpotensi besar untuk dikembangkan sebagai obat. Satu fakta lagi khasiat tanaman herba dapat membantu banyak orang dalam mengobati penyakit kanker. Baru-baru ini disebuah penelitian oleh empunya dalam pemanfaatan tanaman herbal, telah ditemukan bahwa khasiat campuran dari tanaman kunyit serta sambiloto ternyata sangat efektif dalam mengobati penyakit kanker. Secara terpisah kedua tanaman ini telah memiliki khasiat masing-masing yang dapat mengobati berbagai macam penyakit. Terinspirasi akan beberapa peresepan pengobatan tradisional (jamu-jamu ) yang terdiri dari campuran  beberapa bahan yang ternyata bisa berkhasiat yang saling menguatkan, terdorong untuk meneliti sebuah tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk  pengobatan terhadap kanker.


=====================================

>>> Kapsul Sambiloto Mengobati Kencing Manis / Diabetes, Menormalkan Kadar Gula Darah, Meningktakan Kekebalan Tubuh, Mengatasi Bronchitis & Radang Amandel, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>