Tanaman Herbal Sambiloto

Pahitnya rasa tanaman herbal sambiloto sangat mujaran oleh kesehatan dan juga kencatikan. Kandungan flavonoid, andrografolida, dan aldehidi dalam sambiloto sangat bermanfaat untuk kecantikan. Seluruh bagian tanaman herbal sambiloto berkhasiat dapat menghambat penuaan.

Tanaman herbal sambiloto dalam menghambat penuaan adalah ;

  1. Rebus atau seduh ekstrak daun, batang akar dan bunga sambiloto.
  2. Minum air rebusan sambilot tersebut.

Sambiloto merupakan tanaman asli India. Biasanya, tanaman herbal sambiloto ini tumbuh liar di ladang atau ditempat-tempat terbuka lainnya. Namun, saat ini telah banyak orang yang membudidayakannya dipekarangan sebagia bagian dari apotek hidup. Di Indonesia, tanaman ini banyak dijumpau di jawa, Sumatera, Sulawesi, Kepulauan Nusa Tenggara, dan Kepulauan Maluku. Sambiloto tumbuh subur diaerah yang memiliki ketinggian sekitar 1-1.200 meter diatas permukaan laut. Pohon tanaman herbal sambiloto berbentuk terna dengan tinggi mencapai 35-95 cm. daunnya memanjang dan berukuran hijau tua. Bunganya berukuran kecil dan berwarna putih keunguan. Buahnya berukuran kecil, berbentuk silindris, dan berwarna hijau kekuningan.

Tanaman herbal sambiloto oleh para ahli botani dimasukkan dalam family Acanthaceae dan manga Andrographis. Dalam bahasa Cina dikenal dengan nama Chian xin lian. Di beberapa daerah di Indonesia dikenal dengan naa papaitan, ki peurat, bidara, kayu mas, lang, ki pait, takila, daun ki ular, sadilata, sampiroto, atau ki oray. Tanaman ini mengandung latone seperti deoksiandrografolid, andrografolid yang merupakan zat pahit, 14-deoksi-11, 12-didehiandrografolid, neoandrografolid, dan homoandrografolid. Selain itu, sambiloto juga mengandung flavonoid, alkane, keton, aldehid, dan beberapa minera seperti kalium, kalisum dan natrium. Sambiloto memiliki rasa pahit. Tanaman ini berkhasiat sebagai antiradang, penghilang nyeri atau analgetik dan penawar racun. Seluruh bagian tanaman yang telah kering dapat dimanfaatkan sebagai bahan ramuan untuk mengobati rematik.

Khasiat tanaman herbal sambiloto dalam pengobatan diantaranya sebagai berikut ;

  1. Tipus
    Petik 10-15 lembar daun sambiloto segar. Tambahkan daun dengan air secukupnya, lalu rebs hingga mendidih. Untuk mengatasi rasa dan yang amat pahit dengan cara mencampur ramuan dengan madu sewaktu meminumnya.
  2. TBC paru-paru
    daun sambiloto segar dikeringkan, lalu digiiling halus hingga menjadi bubuk. Setelah itu yang telah bubuk ditambahkan sedikit madu dan dibuat bulatan-bulatan pil berdiameter sekitar 0.5 cm. sebaiknya pil ini diminum dengan air matang 2-3 kali sehari. Sekali minum sebanyak 15-30 pil.
  3. Batuk rejan atau pertusis
    Toga lembar daun sambiloto diseduh dengan air panas dan tambahkan sedikit madu. Minumlah larutan ini dengan dosis 3 kali sehari.
  4. Kencing nanah
    Petik 3 batang sambiloto berikut daun-daunnya. Cuci daun hingga bersih, lalu rebusah dengan 4 gelas air minum. Bahkan sehingga airnya tersisa 2, 25 gelas. Dinginkan air rebusan, lalu disaring. Jika hendak diminum, ramuan ditambahkan madu seperlunya. Minum ramua 3 kali sehari masing-masing ¾ gelas.

=====================================

>>> Kapsul Sambiloto Mengobati Kencing Manis / Diabetes, Menormalkan Kadar Gula Darah, Meningktakan Kekebalan Tubuh, Mengatasi Bronchitis & Radang Amandel, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Sambiloto Mengobati Ragam Penyakit and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>